Rabu, 07 Maret 2012

Macam-Macam Genre / Jenis dalam Games


Kembali Post lagi ( Akhirnya internet gak lelet lagi )
Kali ini saya akan membahas tentang Genre dalam sebuah game. Ternyata bukan cuma musik dan film yang di sortirkan berdasarkan genre, Game pun punya genre nya masing-masing. Kalau orang awam mungkin game itu ya tembak-tembakan, bola-bolaan, tinju-tinjuan dan sebagainya. Padahal game punya "Aliran" dengan nama nya tersendiri. Kalau musik ada rock, pop, jazz, atau yang sekarang lagi booming K-pop :D.
Nah yang saya akan bahas adalah aliran-aliran atau bahasa kerenya genre dalam Game. Untuk listnya silakan CEKIPRIT BRO :
  • RPG ( Role-Playing Games )
Game RPG adalah sebuah game di mana player memainkan suatu tokoh yang ada dalam game. Didalam game ini biasanya terdapat unsur seperti experience point, atau perkembangan karakter yang kita mainkan sehingga membuat karakter kita naik level dan semakin kuat. Unsur cerita dalam game RPG sangat kental. Ada yang akhir ceritanya bisa kita tentukan sendiri tergantung apa yang kita lakukan dalam game. Biasanya di game RPG terdapat juga sistem equipment, di mana untuk memperkuat karakter yang kita mainkan diperlukan kombinasi perlengkapan yang mempengaruhi dalam menjalankan game RPG.
Selain itu di game RPG kita dapat menjelajahi peta yang cukup luas. Game RPG di bagi menjadi 2 genre yaitu Action RPG dan Turn Based RPG. perbedaan kedua turunan RPG tersebut ialah pada sistem battle nya. dimana Action RPG memiliki kebebasan dalam mengendalikan karakter dan battlenya yang real time ( tidak harus saling menunggu untuk menyerang ). Untuk Turn Based RPG sistem battlenya lebih cenderung ke strategi. Dimana kita harus memberikan perintah kepada karakter seperti Attack, Magic, Skill dan memilih musuh yang di serang dalam setiap pertarungan. kelebihan Turn Based RPG adalah kita di tuntut untuk membuat taktik agar dalam sebuah pertarungan karakter kita dapat memenangkan pertarungan dan mendapat experience point. 

 Contoh Action RPG :
The Elder scrolls V : Skyrim

Contoh Turn Based RPG :
Final Fantasy X

  • Strategi Game
Game strategi adalah game di mana kita sebagai pemain menjalankan berbagai unit-unit yang unik untuk memenangkan permainan tersebut. Gameplay nya biasanya kita mengatur unit atau pasukan untuk bertahan, menahan, bahkan mengalahkan musuh yang ada di game tersebut. Disini kita harus membangun pertahanan, bangunan, dan pasukan dengan biaya tertentu yang dapat di dapatkan dari sumber sumber yang ada di dalam map pertempuran. Game strategy ada yang berbasis Real Time Strategy dan ada yang Turn Based Strategy. Di Real Time Strategi kita mengendalikan unit yang kita mainkan secara langsung tanpa menunggu giliran. Makanya harus Ekstra cepet-cepet berfikir karena musuhmu gak akan nungguin kamu mikir. Bisa-bisa karena kamu kelamaan mikir pasukanmu sudah di libas sama musuhmu :D. Kalau di Turn Based Strategy ya bayangin aja kalau kamu main catur. Kita menyusun strategy buat ngalahin musuh, tapi kita ga boleh nge dahuluin musuh kita :D .

Contoh Real Time Strategy :
Comand & Conquer 3 : Kane Wrath

Contoh Turn Based Strategy :
Brigandine

  • Game Shooter
Nah kalau game yang satu ini pasti cukup terkenal akhir- akhir ini. Game Shooter udah pasti lah game tembak tembakan. Unsur pentingnya ya pasti senjata api :D baik jaman modern maupun jaman jadul kaya perang dunia :D . Nah game shooter yang sering kita liat itu ada FPS (First Person Shooter) dan TPS (Third Person Shooter). Perbedaan kedua jenis game ini adalah sudut pandang pemain dalam memainkan game. Kalau FPS itu sudut pandangya orang pertama (biasanya cuma keliatan tangan, senjata ama crosshair), kalau TPS sudut pandang orang ke-3 (keliatan badan dari karakter yang kita mainkan). dari pada bingung langsung aja dah ke contoh
Contoh First Person Shooter : 
 Counter Strike
Contoh Third Person Shooter : 
Conflict Vietnam
  • Game Adventure 
Adventure atau Action Adventure adalah game yang sering kita jumpai di pasaran. Game ini agak umum sehingga hampir semua game juga memiliki unsur game adventure walaupun tidak spesifik. Game ini biasanya memiliki 1 tokoh utama yang kita mainkan dan kita jalankan secara langsung dari awal sampai tamat mengikuti jalan cerita. langsung aja ke contohnya.
Contoh game Adventure :
 Ninja Blade
 Assassin's Creed
  • Game Racing 
Game ini sudah pasti gak asing di dengar lagi. udah ada kata kuncinya racing, berarti ya game balapan. Dari balapan mobil, motor sampai kuda juga termasuk game racing. Tujuanya pasti menjadi yang tercepat. Tema yang biasa di ambil di game balapan adalah balapan jalanan dan balapan resmi. Di beberapa game pemain juga bisa meng upgrade dan memodifikasi kendaraannya agar lebih cepat dan terlihat bagus
Contoh Game Racing :
 Need For Speed The Run

Dirt 2

  • Simulation Game 
Game simulation adalah game yang di buat dari hal hal yang ada di dunia nyata. Mungkin game ini di ciptakan untuk orang yang ingin mencoba sesuatu seperti mengendalikan pesawat terbang tetapi di dunia nyata tidak bisa melakukanya ( bayangin aja kalo kamu naikin pesawat terus pesawatnya jatoh, mending kalo bisa, Naik pesawat beneran aja ga pernah ). Game ini juga bermanfaat juga untuk latihan dimana kita tidak bisa menggunakan barang yang asli. Game ini di buat se realistis mungkin dari kendali sifat dan mungkin masalah yang di hadapi di kenyataanya. Game ini terbilang agak rumit karena di buat berdasarkan objek asli yang di simulasikan. Tapi kalau sudah menguasai game ini maka kamu akan tahu cara kerja objek yang sebenarnya secara garis besar.

Contoh Game Simulation :
Flight Simulator

Driving Simulator

  • Tycoon Game
Dalam game tycoon. Lagi-lagi otak pemain harus di gunakan lebih lagi. Karena game ini pemain akan menjadi seorang pengusaha yang menjalankan bisnis dengan memproduksi barang atau jasa agar laku di pasaran. Tantangan game ini adalah bagaimana kita mengolah modal kita untuk membangun sesuatu agar dapat memperoleh keuntungan. 
Contoh Tycoon Game :
 Gadget Tycoon
  • Fighting Game
Bertarung! inilah poin dari fighting Game . Biasanya pemain di bolehkan memilih bebas karakter yang ingin di gunakan. Tujuan game ini mengalahkan musuh dengan bertarung dengan gaya masing masing karakter beserta jurusnya. Dalam game ini pemain menggunakan karakter dan melawan karakter lainya . biasanya pertarungan 1 vs 1 di tempat yang sempit. 
Contoh Fighting Game : 
 Mortal Kombat
  • Sports Game
Sports game adalah salah satu genre game yang di buat dari olahraga yang ada di kehidupan nyata. Dari pemain, wasit, stadion sampai strategi permainan di perhatikan disini. Tokoh dari game ini biasanya benar-benar ada di dunia nyata. Tapi ada juga yang merupakan hasil kreasi pembuat game. Sistem permainan tiap game berbeda tergantung jenis olahraga dan yang membuat.
Contoh Sport Game :
 Pro Evolution Soccer
  • Arcade Game 
Arcade Game sepertinya adalah nenek moyang dari segala game. Dilihat dari permainanya yang biasanya tanpa ujung dan semata-mata untuk mengejar nilai. Unsur cerita tidak terlalu di perhatikan di sini, walaupun jaman sekarang sudah banyak game jenis ini yang di dandani ulang meskipun sistem dan tujuanya masih sama seperti keluaran jaman sebelumnya. Game ini lebih bertujuan hanya untuk menghibur di waktu senggang, walaupun tujuan semua game adalah menghibur. Gameplaynya sangat sederhana.
Contoh Arcade Game : 
 Tetris
Zuma

  Semua jenis game yang saya sampaikan mungkin belum lengkap. Karena seiring berkembangnya jaman maka semakin beraneka ragam pula jenis-jenis game yang ada. Dari semua jenis game juga ada jenis game yang genrenya campuran. Jadi makin bermacam-macam pula game yang ada. Tinggal tunggu saja inovasi game yang akan keluar di tahun-tahun  berikutnya.


Post By Imansa_ "Just wanna share what i have to you"

32 komentar:

  1. kalo dance2an sih termasuk genre aa yo .
    hip hop kali yo

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu jenisnya musical. game yang permainanya sesuai dengan lagu yang dimainkan

      Hapus
  2. aku suka tetris ma PB ( Pin Ball :D)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Trus aku mau tanya ... Silent Hill tuh masuk game apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo itu adventure. cuma ceritanya tema nya horror

      Hapus
  4. Balasan
    1. itu masuknya simulation gan

      Hapus
    2. kalo Harvestmoon itu adventure,, Hanya menambahkan sahaja..

      Hapus
  5. Kalau Resident Evil tu termasuk action adventure bukan ? Kalau Pokemon termasuk RPG ? Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resident evil itu action horror mba

      Hapus
  6. maaf min.. Tycoon game itu tak ada,, tycon game itu termasuk Simulator Games.. sekedar menambahkan

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. ane sih suka game yg bergenre mix > Real Time Tactics atau Tactical Shooter... kalo yg RTS sih paling greget itu Stronghold Crusader Extreme (tanpa cheat)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku lebih suka Stronghold Crusader yang biasa. Yang extreme terlalu greget.

      Hapus
  9. gan kalok jenis game pockie ninja konoha ninja soul reaper
    atau apapun yang ada di maingames.co.id itu jenis game apa ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Web game gan bisa juga di sebut flash game

      Hapus
  10. Gan klo final fantasi xv itu termasuk genre apa y ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau ane FF XV itu action RPG. Klo seri pendahulu'a tu turn based RPG.

      Sori kalo da salah

      Hapus
  11. siip, nambah pengetahuan tentang genre game (y)



    Akses Ssekarang www.serbabayar.com Sobat Bisa Isi Pulsa , Token PLN , maupun Bayar BPJS Secara Online Mudah , Murah dan Terpercaya. www.serbabayar.com Support Pembayaran Menggunakan Kartu Kredit Buka 24 Jam. Beli Online Itu Gak Ribet di serbabayar.com

    BalasHapus
  12. kalo game kaya battleheart t genre nya apa dan kalo ada buat pc yang game seperti itu kasih tau dong nama nya ...

    BalasHapus
  13. ane lebih suka game RPG, Adventur,, Stategy ,Simulation Game

    BalasHapus
  14. ane lebih suka game RPG, Adventur,, Stategy ,Simulation Game

    BalasHapus
  15. salam readers kunjungi juga ya ke blog kami di Rumbleree https://goo.gl/UgfVNr

    disana kami membahas tentang apa saja kategori yg ada dalam game "LENGKAP" ^^
    https://goo.gl/oBdWXp

    Hy...^^ Chikhungunya salam Rumble Gaming

    BalasHapus
  16. ada ketinggalan cuy :3
    sci-fi ama time management

    BalasHapus
  17. Kontes SEO BERLANGSUNG !!

    Total Hadiah 30 Juta Rupiah

    BDdomino.net Dengan Keyword : BandarQ Agen Sakong Judi AduQ Capsa Bandar Poker BdDomino

    Tanggal : 17 Juli 2017 sampai 2 Oktober 2017

    Selengkapnya : http://bddomino.org/kontesseo

    Tunjukan Kalau Kalian MASTERNYA SEO !!
    Saat yang tepat untuk mengetest kemampuan SEO Anda dengan tidak sia-sia.

    Tunggu apa lagi? Ikuti kontes ini sekarang juga!

    BandarQ
    Hack BandarQ
    Sex Story
    Agen Sakong dan BandarQ

    BalasHapus
  18. Semakin tambah usia semakin berkurang waktu nge gamenya

    BalasHapus
  19. Keren gan, MOBA kaga masuk.
    https://androvam.blogspot.com/2018/05/misteri-misteri-mengerikan-dalam-game.html

    BalasHapus